» » Tips Menghilangkan Jerawat

Tips Menghilangkan Jerawat

Tips Menghilangkan Jerawat, perawatan wajah alami, perawatan kecantikan

tips cara menghilangkan bekas jerawat, menghilangkan bekas jerawat, cara mengatasi jerawat,

Penyebab munculnya jerawat tanpa anda sadari pada mulanya, sesuatu rutinitas yang anda kerjakan 1 hari hari nyatanya dapat menyebabkan munculnya jerawat yang jadi masalah buat penampilan anda. Umumnya pemicu jerawat dikarenakan dampak hormon serta makanan. tetapi sesungguhnya ada beberpa factor rutinitas yang perlu anda jauhi untuk mendapatkan wajah bersih serta bebas dari jerawat.

Di bawah ini merupakan rutinitas yang dapat menyebabkan problem pemicu jerawat di wajah anda :

1. pemakaian make-up yang tidak cocok
Didalam pemakaian make-up baiknya anda mesti cermat. Dikarenakan bila ini salah dalam memakai make-up, bisa timbulkan masalah pada kulit wajah anda. Di bawah ini beberapa bahan yang terdapat didalam make-up yang perlu anda waspadai didalam pemakaiannya :
  • Pewarna buatan : bila ada FD & C didalam daftar bahan make-up, bermakna product tersebut memiliki kandungan warna buatan. Bahan ini bisa mengiritasi kulit serta bila ada didalam lipstik atau blush on, bisa mengakibatkan jerawat di seputar mulut serta pipi anda.

  • Lanolin : ini adalah istilah ilmiah dari sebum/minyak domba. Walau bahan ini baik untuk anda yang berkulit kering, tetapi jelek untuk kulit yang rawan berjerawat.

  • Minyak mineral : bahan ini menutupi sel kulit mati serta bakteri pemicu utama jerawat serta juga bisa menyebabkan milia, tonjolan putih kecil pada kulit anda.

  • Minyak : bahan ini memakai minyak asli. anda tidak mesti betul-betul memberikan semakin banyak minyak di wajah anda.

  • Isopropil miristrat : bahan ini bukan sekedar bisa bikin kulit anda kering, namun juga menyumbat pori-pori serta mengakibatkan iritasi kulit.

  • Pewangi buatan : ini juga bisa mengiritasi kulit serta mengakibatkan jerawat. Coba untuk tidak memakai product make-up yang memiliki kandungan wewangian.

2. Bersihkan wajah jangan terlalu berlebih.
Saat proses bersihkan wajah, baiknya anda cermati serta mengerjakannya dengan lembut. dikarenakan bila proses ini anda kerjakan dengan terlalu berlebih justru dapat menyebabkan mesalah baru di wajah anda. Dikarenakan, menghapus minyak di wajah dengan berlebih dapat bikin iritasi kulit, serta dengan otomatis produksi minyak wajah dapat makin meningkat untuk menyeimbangkan hilangnya dikarenakan proses yang anda kerjakan tadi.

3. Ada Tekanan Pada Wajah
Jerawat dikarenakan oleh tekanan fisik di wajah anda, layaknya penggunaan ponsel secara terus-menerus, biola, dll. Tekanan pada wajah ini mengekspos kulit anda pada bakteri. jalan keluarnya : berhentilah menghimpitkan objek di wajah anda. bila anda tidak bisa menghindarinya, maka rajinlah bersihkan wajah untuk mengurangi/menghilangkan bakteri.

4. Malas ganti baju & perlengkapan tidur
baju, handuk, sarung bantal, serta seprai yang tidak bersih, memiliki kandungan banyak sel kulit mati serta bakteri. ubah dengan teratur sarung bantal serta seprei anda sekali atau 2 x 1 minggu serta pakai handuk bersih tiap-tiap hari. memakai deterjen serta pelembut yang memiliki kandungan lemak hewan serta pewangi juga bisa mengakibatkan iritasi serta jerawat.

5. Product rambut yang anda pakai
Product rambut yang memiliki kandungan minyak, silikon, serta plasticizer dapat menyumbat pori-pori saat rambut kerap menyentuh kulit anda. Bila anda pingin mempunyai potongan rambut berponi, baiknya anda tidak memakai product dengan beberapa bahan tersebut.

6. Memakai aplikator make-up yang kotor
Barangkali anda mesti lebih mencermati sikat, spons, serta aplikator lain yang anda pakai untuk mengaplikasikan make-up. alat make-up penuh dengan bakteri serta sel kulit mati yang membuatnya jadi pemicu jerawat. Bersihkanlah spons make-up sesudah digunakan serta kuas anda sekali 1 minggu dengan pembersih kuas atau shampoo. ini dapat bikin aplikator serta kulit anda terbebas dari kuman.

7. Pola makan
Kerap mendengar rumor bahwa makanan layaknya cokelat serta kentang goreng bisa menyebabkan jerawat ? kabar sebaiknya rumor itu tidak seutuhnya benar. indeks glikemik tinggi disebabkan kerap mengonsumsi makanan yang bisa menambah kandungan gula darah anda (layaknya roti, gula halus, pasta, serta makanan gorengan) dapat mengakibatkan kerusakan masalah kulit serta mengakibatkan jerawat. Tetapi bila anda cuma memakannya sesekali, itu tidaklah bukan pemicu jerawat. Sebagian orang barangkali mempunyai alergi pada makanan layaknya gandum, cokelat, atau susu hingga mengakibatkan jerawat.

8. Menyemprotkan parfum
Kandungan pewangi di make-up bisa mengakibatkan jerawat, demikian juga dengan minyak wangi yang bisa meyebabkan iritasi kulit. cara gampang untuk menghindarinya yaitu dengan menyemprotkan minyak wangi pada pergelangan tangan anda ( bukan hanya segera di leher ) lantas gosok di antara pergelangan tangan serta leher supaya wanginya tersebar. jauhi juga memakai product kebersihan yang memiliki kandungan pewangi tambahan.

9. Malas dengan rutinitas
Bila anda kerap lupa membersihkan muka serta segera tertidur waktu pulang dari melancong, anda tengah menyakiti kulit. Kebiasaan bersihkan wajah sehari-hari sangat mutlak dikerjakan, apa pun yang berlangsung. janganlah cepat menyerah atau jemu saat sedang melakukan penyembuhan jerawat dikarenakan umumnya beragam perawatan wajah baru dapat efisien bekerja sesudah 1bulan penggunaan. Tiap-tiap malam pakai pembersih wajah yang bisa dibilas, hydrating toner, atau pelembab. Obati jerawat menggunakan asam salisilat/benzoil peroxide. Kerjakan perawatan wajah ekstra di bagian yang memiliki jerawat.

13. Tanning
Sinar matahari yang tentang kulit serta cahaya UV mempunyai unsur antibakteri. Namun berjemur dibawah matahari terlalu lama bukan hanya adalah inspirasi yang baik untuk menghilangkan jerawat. pengeringan kulit yang terlalu berlebih waktu berjemur bisa mengakibatkan kulit menghasilkan minyak semakin banyak. tak hanya itu, tanning kulit dapat menambah produksi sel, yang bermakna dapat meningkatkan jumlah sel kulit mati. Lantas tak hanya bisa bikin kulit wajah anda lebih coklat, tanning juga dapat menambah risiko kanker serta tambahan keriput waktu anda tua kelak.


Selain faktor-faktor pemicu jerawat diatas, ada banyak hal yang menjadi penyebab timbulnya jerawat, diantaranya:
  1. Hormon androgen, yang salah satunya mengatur kadar minyak di kulit.
  2. Faktor keturunan, yang tergolong cukup besar persentasenya, yaitu sebanyak 60 persen.
  3. Kebersihan kulit, karena malas mencuci muka setelah menggunakan kosmetik seharian.
  4. Salah kosmetik, misalnya menggunakan kosmetik yang tidak sesuai dengan pH (tingkat keasaman) kulit.


Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat, mengatasi atau menyembuhkan jerawat juga harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. beberapa Tips Menghilangkan Jerawat yang dapat anda pakai untuk menghilangkan bekas jerawat pada dasarnya inilah yang perlu Anda lakukan:

  • Lubang atau bopeng akibat jerawat bisa dikurangi dengan menggunakan alat yang bernama mesotherapy, dermabrasi, dan electrocauter. Untuk itu Anda membutuhkan bantuan dokter.

  • Noda hitam bekas jerawat biasanya bisa hilang dengan sendirinya. Anda bisa mempercepat pembersihannya dengan menggunakan krim pemutih.

  • ber-olahraga secara teratur (Panas tubuh akan membuka pori-pori wajah dan mengeluarkan kotoran dari pori-pori wajah)

  • Pada saat berkeramas, usahakan jangan sampai shampo terkena wajah (Sebagian shampo terutama yang ber-protein/mengandung telur dan madu, jika terkena kulit akan menimbulkan jerawat)

  • Jika jerawat Anda termasuk jenis yang meradang, gunakan sabun dengan pH yang balance dengan kulit (pH 7), menggunakan sabun sulfur yang membunuh kuman atau bakteri, scrubbing dua kali seminggu, memakai krim jerawat, serta menjaga kebersihan muka terutama setelah beraktivitas dan menggunakan make up tebal.

  • Jerawat jangan di-korek-korek / dipencet-pencet (biasanya malah meninggalkan noda-noda hitam dan bopeng pada wajah)

  • Sebelum mandi bersihkan muka pake air hangat dan dibilas (jangan memakai air panas,air panas dapat merusak pori-pori wajah, malahan kulit wajah jadi merah setengah melepuh kalo dibilas pake air yang terlalu panas>

  • Jangan dibilas dengan kasar pada tempat2 berjerawat, sebab akan menimbulkan luka dan akhirnya menimbulkan bopeng / noda-noda hitam pada wajah

  • Kalau merasa sudah parah, sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis kulit, lebih baik jangan berpindah-pindah dokter, karena memang penanganan untuk jerawat cukup lama, butuh kesabaran, hasil yang di peroleh juga tidak bisa cepat.


Sebenarnya banyak obat untuk Menghilangkan bekas jerawat, misalnya:

  • Untuk atasi jerawat pakai produk Blemish Control.

  • untuk mengontrol kulit berminyak, bisa pakai produk yang namanya Clarifying Daily Skin Care System (ada pembersih, penyegar dan pelembab). Jangan lupa perhatikan pola makanan. Makanan juga dapat menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat.

  • untuk mengatasi bercak2 hitam, pakai yg namanya pure white spot treatment

  • Untuk mengurangi bekas bopeng2, pakai yg namanya AHA body refiner moisturiser


Untuk semakin lebih melengkapi, simak tips cara menghilangkan jerawat pada artikel kami yang lain disini, Semoga bermanfaat... (sumber: http://www.acne.org)

 

Related Post